Jual Daster Batik

Jual Daster Batik

Pasar Pondok Indah, Pasar Berkonsep Butik

Pasar Pondok Indah ? hmm jujur saya belum pernah tahu apalagi denger. Hheh,,maklum rumah saya di Jakarta corner, Bekasi Coret, Bogor juga berat ngakuin hehehe  jarang sekali ke arah sana. Kecuali Lebak Bulus, Cilandak, dan area Pondok Indah, cuma sekelebatan lewat. Kebetulan ada klien di selatan Jakarta. Tapi, belum pernah denger Pasar Pondok Indah.

Dimana lokasi persisnya ? tanya saya dari balik telepon kepada rekan saya. Kami ada janji di Pasar Pondok Indah.  Rekan saya punya kios di sana. Bersama temannya, ia  berbisnis reparasi produk-produk Macbook, Apple, dan menjual aneka spareparts Mac, Ipad, IPhone, dan sebagainya. Namanya, Mac Biruni.


Nggak mudeng-mudeng dijelasin, rekan saya langsung mengirimkan pesan WA peta lokasinya. Begini copasannya : Buka Selasa s/d Minggu jam 09.00-17.00 WIB di Pasar Pondok Indah (Paspin) Lt.1 Blok BKS-08 Jakarta Selatan Map location : http://goo.gl/maps/PTF5i.  "Mbak disamping UPI YAI ya..Pondok Pinang. Banyak orang tahu kalau disebut disamping YAI."  "Ok deh !"

Meluncurlah saya dari Cileungsi menuju alamat dimaksud. Sempat nyasar. Bis 510 dari Kampung Rambutan melaju mulus ke arah Ciputat. Untung segera sadar. Secepatnya saya turun di Lotte Ciputat dan nyambung pakai Grab Bike. "Karena kalau pakai angkot Neng, nyambung-nyambung lagi, itu kata Ibu Warung Ma'Adah yang saya jumpai di warung mungilnya di pinggir jalan, persis di samping Lotte Mart. Benar saja, nggak sampai 15 menit, Grab Bike saya sudah sampai di depan Pasar Pondok Indah.

Hmm...sepi sekali. Dalam gambaran saya, pasar sebagaimana pasar kebanyakan. Tapi kalau ini, dibilang ITC juga nanggung. Dari segi letak, lumayan strategis sebenarnya. Tempat perlintasan kendaraan umum. Warna hijaunya mirip warna pasar Blok A Tanaabang.

Tak ubahnya penglihatan dari luar, begitu ke dalam juga sepi. Tenang sekali, hanya terdengar alunan musik pop yang lagi hitz  dan semilir dinginnya AC. Lumayan buat ngadem sejenak. Saya langsung mencari musholla. Pak Sequrity menginformasikan musholla ada di lantai 2. 

Secara keseluruhan, bangunan ini ada 3 lantai. Lantai dasar, banyak diisi oleh penjual dari pasar PD Jaya yang katanya dulu dihancurkan, lantas digantikan dengan pasar Paspin. Sempat lihat sebentar dari luar.






Kios teman saya Mac Biruni, tempat reparasi Macbook, terdapat di lantai 1. Imut juga. Ukurannya sekitar 2 x 3 meter. Tapi jangan tanya omset, hehheh padat. Sejumlah artis ternama ada yang menjadi kliennya. Selama ini transaksi banyak dilakukan Mac Biruni  lewat line @macbiruni. "Kita  pakai Gojek aja Mba, bolak-balik antar barang klien. Komunikasi dan konsultasi dilakukan by line,' ujar teman saya.

Lumayan lama kami ngobrol-ngobrol banyak di kios mungilnya. Rekan saya mengambil peran sebagai pengembang bisnis. Dokter Mac-nya ada tersendiri, temannya, dengan dibantu dua orang asisten.





Selama hampir 3 jam saya di sana, pengunjung pasar ini bisa dihitung dengan jari. Menurut rekan saya, di kios ini sebatas tempat display saja. Karena, pemilik kios banyak yang menjajakan barangnya secara online, dan ada juga yang buka toko di beberapa tempat. Hmm...masuk akal juga sih.

Usai meeting, saya menyempatkan diri berkeliling lokasi Pasar Pondok Indah atau dikenal dengan Paspin ini. Sekalian nyari tas lucu, barangkali ada. 

 Hmm..unik juga konsepnya. Kios-kiosnya didesain bak butik. Rapi, artistik, dan enak dipandang. Barang-barang yang dijual pun kalau saya perhatikan bagus-bagus, tidak murahan. 

Saya menjelajahi bebeapa stand fashion. Aduhhh mupeng-mupeng bener sih desainnya. Warnanya juga, kalem-kalem.  Bahannya rata-rata terbuat dari katun halus, jahitannya rapi. Ya, standar butik. Suka dengan batiknya. Pilihannya beragam dari berbagai daerah. Diantaranya, dari Solo, Yogya, Cirebon dan motif ulos Sumatera, Kalimantan. Soal harga, hehe pasti menyesuaikan ya. Sayangnya belum sesuai dengan kantong saya. Ya sudahlah berkeliling aja menikmati keindahan karya seni perajin. 


Kalau kata penjual yang saya temui, Paspin ini memang dikonsep sebagai pasar moderen yang punya karakter seni dan budaya. Kabarnya, produk-produk yang dijajakan di sini dikurasi loh. Wahh...jadi nggak sembarangan ya. Yang tahu kualitas dan cinta karya kreatif produk bangsa yang pastinya bakal ke sini. Paspin layak banget menjadi destinasi wisata belanja khususnya di selatan Jakarta. 








Harga kiosnya menurut rekan saya nggak mahal. Malah cenderung murah, berkisar 12 jutaan ke atas setahun, tergantung luas dan lokasi. Paspin memang baru April 2015 diperkenalkan ke publik. Masih angettt...dan perlu effort banyak buat promosi. Semoga aja banyak perajin berkios di sini.  

Sambil motret-motret dan ngobrol, ehhh malah dapat diskon batik kece 50 persen. Lumayan...berkah akrab dengan penjual batik..:)

.yang hijau lumut di tengah itu akhirnya menjadi milik saya. lumayan diskon 50 persen.














Oya, kios-kios yang bisa disewa, kayak gini penampakannya :)




4 komentar:

  1. Wah mba kartina orang Jakarta juga tahu mudeng hehehe....

    jadi sewanya perbulan 12 juta atau setahun? Mungkin kurang promosi jadi sepi, saya tahunya yang lagi booming itu pasar santa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sewanya berkisar 12-15 juta setahun mba...ya masih sepi dan kurang terpromosi juga..kalau temen saya, banyak main promo online, kiosnya cuma buat reparasi produk ipple aja mba...konsumennya lumayan banyak.

      Hapus
  2. 12 juta sebulan ya mba?? itu termasuk murah ya? adiik ipar saya apoteker, pengen buka toko obat karena sayang ilmunya kalo di rumah terus tapi ternyata kios2 di jakarta mahal katanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. berkisar antara 12-15 jutaan setahun mba :)..lumayan banget nih..kalo mau buka kios. Tapi memang masih sepi sih

      Hapus

Terima kasih atas masukan dan komentarnya.