Jual Daster Batik

Jual Daster Batik

Inspirasi dari Isnuansa Maharani di Arisan Ilmu KEB


Sebagai pemain baru di dunia blogger, jujur saya baru mengenal sosok Isnuansa Maharani. Hhehe saya pun tergolong blogger yang "kurang aktif" bergaul. Meski sudah bergabung ke dalam beberapa grup komunitas blogger, saya cenderung menjadi silent reader sambil beberapa meninggalkan jejak komen. Sharing tulisan ke blog pun sebatas kalau ada lomba blog saja. Lagi-lagi itu jarang. Karena saya jarang ikut lomba juga hehhee.

Intinya sih saya ngeblog cuma buat isi waktu luang. Pekerjaan saya memang menulis, tetapi tidak pernah punya blog. Tahun 2004 saya pernah punya blog curhatan di multiply dan blogspot. Tetapi karena lagi-lagi saya sibuk dengan rutinitas kantor, blognya jadi rumah kosong, dan hilang deh...

Saya baru bikin blog setelah risain awal 2013. Ada dua blog yaitu http://seputarhotel.blogspot.com dan blog ini : http://www.catatan-kartina.blogspot.com. Hmm, soal keaktifan, ya relatif aktif sih. Soalnya tidak begitu disibukkan dengan deadline kantor. Tetapi tetap,kalo lagi sibuk dengan deadline dari klien, saya biasanya langsung spanneng, sepenuh waktu untuk menyelesaikan pekerjaan yang notabene menulis dan mengelola media sosial.

Motivasi kuat saya ngeblog, semata ingin menjadi album kenangan bagi anak-anak saya. Umur orang tidak ada yang tahu, dan semoga dengan adanya blog ini, Meilia dan Barra mengetahui historis diri dan siapa orang tuanya. Seperti apa dan bagaimana orang tuanya mengharapkan mereka kelak menjadi manusia. Selebihnya, bisa menghasilkan uang,sempat terpikir juga.

 Makanya saya bikin blog seputar hotel. Konsepnya cukup kuat sebagai media bisnis hotel. Mengapa hotel ? karena selama 5 tahun saya memegang rubrik hotel di Majalah Venue. Sejumlah tulisan saya di majalah, saya rewrite lagi di blog. Alhamdulillah, respon dari klien-klien majalah yang tahu saya punya blog ini bagus. Beberapa ada yang mengirimkan release rutinnya kepada saya untuk diuplod. Ada juga tawaran dari teman untuk memasarkan villanya dan menjual voucher hotelnya.


Peserta Arisan Ilmu Edisi Etika Job Review, 28 Desember 2014

Saya pun ingin blog itu bisa dimanfaatkan untuk booking hotel. Saya juga sempat menulis review produk jualan teman. Alhamdulillah, traffiknya bagus, dan saya kerap ditelepon untuk menanyakan detil produk tersebut. Hasilnya ? hmm sekali lagi masih proses. Banyak yang bilang, blog saya cukup prospektif untuk menjual kamar hotel, suplier barang hotel dan sebagainya.  tetapi karena perkara waktu yang kurang untuk fokus di sana, yaaa sementara keinginan itu diendapkan dulu. Hhehe..memenuhi kebutuhan dapur ngebul sepertinya menjadi magnet terbesar bagi saya untuk "melarikan diri" dari blog. Ada sejumlah tawaran proyek penulisan yang nilainya cukup menggoda.

Kemudian, saya membuat blog pribadi, catatan-kartina ini. Sampai sekarang Alhamdulillah masih eksis. Sampai akhirnya, Allah mempertemukan saya dengan Mbak Isnuansa Maharani dalam Arisan Ilmu yang diselenggarakan oleh Kumpulan Emak Blogger di kantor IDBloggernetework, di Thamrin Office Park, Thamrin City (28/12). Emak Isnu, demikian emak2 blogger menyebutnya, membawakan materi tentang Etika Job Review untuk sekitar 20-an anggota KEB.

Sebenarnya job review sudah tidak asing lagi saya dengar sejak jadi blogger. Saya pun pernah ikutan job review dari salah seorang blogger daerah. Jangan tanya honor ya, karena ini tujuannya cuma untuk "bergaul" dan mengetahui lebih detil seperti apa kerja job review itu. 

Asyik ya dapat ilmu sekaligus hadiah surprise live tweet

Pengalaman Emak Isnu sebagai job review ini sangat berharga untuk 'ditiru" oleh blogger yang berkeinginan kuat mendapatkan uang dari ngeblog. Lumayan kok hasilnya. Nggak ngalahin orang yang kerja kantoran. Bahkan lebih banget, kalo udah dikenal oleh brand-brand terkenal. 

Nah, Mak Isnu ini berduet dengan suaminya, Gie Wahyudi berprofesi sebagai blogger jutawan. So sweat ya. Jangan-jangan mereka ketemunya juga saat ngeblog. Mereka bisa bebas dari kemacetan. Bisa senantiasa menjaga anak yang cantik. Bisa berlibur sesukanya, bahkan gratis dibayarin, dan berbagai "kenikmatan" lainnya. Intinya, mereka bisa hidup "layak" dari ngeblog.

Kunci menjadi blogger jutawan hanya konsisten dan fokus. Konsisten menulis dan menulis. Tunjukkan eksistensimu melalui tulisan. Tidak mudah memang membangun reputasi, butuh ketelatenan. Dan, saya rasa semua bidang bisnis  juga mempersyaratkan itu. : fokus dan konsisten. Tak dimungkiri, awalnya memang susah. Apalagi menulis butuh waktu hingga berjam-jam. Kalau kantong lagi penuh, menulis enak, tetapi kalo lagi kering, ehehhe berasa gimana gitu. Terlebih yang sebelumnya terbiasa makan gaji bulanan, sekalinya nggak, ngejleb juga rasanya. Hhehe jadi curhat nih..Tapi serius, blogger banyak yang tumbang karena tidak telaten dalam proses awalnya.  

Sekarang dengan kemajuan dunia internet, segalanya mudah. Mau bikin blog, tinggal tanya Mbah Google. Tutor banyak bertebaran untuk dihisap ilmunya. Tak ada yang sulit di jaman ini. Yang tersulit hanya bagaimana kita menggerakkan diri untuk memulainya.

Alhamdulillah, berlimpah makanan dari emak-emak

Sayang, waktu itu saya tidak sempat ngobrol lama dengan Mak Isnu. Karena, saya bawa 'pasukan' (anak-anak, suami, dan orang tua) ketika Arisan Ilmu. Mereka bermain di Thamrin CIty sambil menunggu saya. Tetapi gambaran umum dari sosok Mak Isnu membuat saya tertarik dengannya. Saya suka dengan orang yang ulet dan konsisten serta senang berbagi. Wejangan-wejangan Mak Isna meski dituturkan dengan bahasa yang sederhana, namun  kena di hati dan semoga jadi bikin semangat.Wahh, kalau emak-emak mempraktekkan ilmu Mak Isnu, tidak terbayang betapa Allah balas dengan kebaikan yang berlimpah kepada Mak Isnu dan keluarga. Berkah berbagi.

Ditemani anak perempuannya yang balita menggemaskan, ia mengulas sejumlah tips blogger mendapatkan job review. Diantaranya, perkuat gaya bahasa kita. Tidak sedikit brand yang justru memilih kita mereview karena keunikan kita dalam bertutur dalam tulisan : alami dan tidak dibuat-buat diluar kepribadian. Jadi, perkuat kepribadian dulu kali ya Mak. Kedua, rajin dan konsisten posting. Jangan biarkan seperti rumah kosong yang tidak terurus. Ketiga, sebaiknya fokus isinya. Kalau blognya tentang liburan, ya setidaknya isinya tentang tempat-tempat wisata. Tentang anak, pastinya juga tentang tumbuh kembang anak, dan sebagainya. Ini untuk memudahkan brand mengenali blog kita dan memancing pembaca setia. Keempat, cobalah untuk mengikuti lomba blog. Ini bertujuan untuk mengukur kualitas tulisan kita, sudah seberapa besar dinilai bagus, menambah traffic, dan teman tentunya. Syukur bisa menang ya Mak. Selengkapnya bisa klik tentang bagaimana menjadi penulis konten online yang sukses, langsung ke blognya.

Oya, sambil posting, upgrade juga pengetahun tentang dunia blog seperti Alexa, pagarank, page views dan sebagainya yang berkaitan dengan jualan blog kita. Jangan sampai kita keliatan gapteknya ketika ada brand mulai tertarik dengan kita untuk ngajak kerja sama, ehhh ditanya tentang pageview atau alexa, kita masih garuk-garuk kepala.

Personality brand kita juga harus dijaga. Hindari memposting yang sifatnya menjatuhkan nilai jual kita baik di blog maupun di media sosial. Ingat loh, kita adalah sesungguhnya apa yang kita tulis. Kemudian, untuk etikanya, sebaiknya tidak menerima job dalam waktu bersamaan terkait dengan brand kompetitor atau brand sejenis. Dan, hati-hati juga dalam menerima order. Hhehe jangan sampai senjata makan tuan. Misal, kita itu tidak suka makanan pedas dan tulis itu di blog,  ehhh kita menerima order review keripik pedas. Lantas, jadi serta merta kita memuji-muji keripik pedas itu hehehe...Kalo ada yang jeli membaca postingan kita sebelumnya,..bisa kena kita :)

Mak Isnu, dalam dikusi kemarin, mengajarkan kami tentang Rate Card, yaitu deskripsi tentang nilai blog kita. Isinya : page rank, alexa rank, total visits/month, total pageviews, average time on site. Tidak ketinggalan juga perlu dicantumkan account media sosial yang kita punya : twitter berapa follower, facebook, dan klien-klien yang pernah kita layani. Kalau udah ngetop kayak Mak Isnu, bolehlah dicantumkan rate atau harga postingan kita kalau ada yang serius minat mau kerja sama. Trus jangan ketinggalan juga ya, untuk mencatumkan kontak kita di blog..Hhehe biar nggak bikin bingung dan memudahkan bagi yang mau order. Tambahan dikit lagi nih soal honor. Xixiix..jangan keseringan nagih. Kan rentang waktunya sudah disampaikan kapan honor cair. Sebelum rentang waktunya berakhir, tahan-tahan dulu nagihnya. Ini bisa bikin bete si pemberi kerja.

Selamat jadi blogger jutawan ya..





24 komentar:

  1. waah kayaknya asyik banget ya kemarin arisan ilmunya.Dapat ilmu keren dari Mak.Isnuansa.Trima kasih reportasenya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mak, acaranya keren, mak Isnunya juga oke banget. Terima kasih atas kunjungannya ya mak

      Hapus
  2. Asiik emang dapat duit dari ngeblog. Kalo aku sih, rajin nuls dulu hihiii soale blogku gado2 sih mak
    Eh iya salam kenal ya mak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheh sama mak. aku juga kayaknya minimal rajinin updet dulu kali ya xixixiix...masih angot-angotan.

      Hapus
  3. Sering baca blog nya mak isnu mbak tapi baru lihat fotonya langsung ya ini. Salam Mak!

    BalasHapus
  4. Allhamdulillah bisa bertemu kita ya mbak, semoga bisa bertemu di lain kesempatan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah juga bisa ketemu Mak Lidya...salam silaturahmi ya :)

      Hapus
  5. that was a great time, banyak banget ilmunya kemarin ya mak.... :) by the way meluntjur ah ke blog hotelnya mak kartina..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup betul Mak Widy, terima kasih ya atas kesempatannya...terima kasih juga atas kunjungannya..kunjung balik ahhh ;)

      Hapus
  6. Iya mak, kita adalah apa yang kita tulis. tak perduli betapa sakitnya hati... harus pandai menjaga kata yang terucap. karena nantinya akan menjatuhkan kita sendiri.

    Kalau mak Isnu & suami, dah pasti bisa hidup sangat layak dari blogger ya mbak. Mereka sudah lama eksis, ada blog free template, ada blog review... wes pokoke full dari ngeblog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup betul mba susi, mereka fokus dan konsisten...kadang aku ga bisa fokus..hars kenali dulu passion kita kali ya mba :)

      Hapus
  7. Makasih sharingnya mak.....selamat mempraktekkan yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuks bareng2 mempraktekkan...biar tambah berkah ya mak suria

      Hapus
  8. Ilmu yang sangat bermanfaat Mak, terima kasih sudah berbagi :)
    alam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas kunjungan mak esti,salam silaturahmi juga ya :)

      Hapus
  9. salam kenal mbak, asik ya bisa ikutan arisan ilmu bisa menambah banyak ilmu.saya pernah beberapa kali menerima job riview tapi ya masih terus belajar...saya yakin mba juga banyak ilmu ni ttg dunia blog :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo saya seringnya job nulis offline mak..yg job review belum.ujung2nya sama nyari duit ya :).

      Hapus
  10. Makasih sharingnya Mak. Oke banget buat newbie seperti saya

    BalasHapus
  11. bermanfaat banget arisan ilmu yang waktu itu, ya :)

    BalasHapus
  12. Waaah banyak sekali ilmunya. Sayang nggak bisa datang ke acara tersebut :(

    BalasHapus
  13. wah,komplit bangettt mak ulasanya,nambah ilmu lagi nih saya hehehe
    salam kenal^^

    BalasHapus
  14. Aamiin..
    jujur masih garuk2 kepala masalah alexa n page rank..garuk2 karena rangkingnya gendut bangt..ahahahahaa

    BalasHapus
  15. Wah, asyiknya...ketemu emak2 blogger plus jalan2 juga bareng keluarga ya mbak. Baiknya mereka mau nemenin :)

    BalasHapus

Terima kasih atas masukan dan komentarnya.