Jual Daster Batik

Jual Daster Batik

Liputan Blogger ke Rumah Abon Jambrong Unia

Alhamdulillah, event pertama saya menghandel acara blogger bersilaturahmi ke  Abon Jambrong Unia berjalan dengan lancar. Terkumpul 12 blogger dari komunitas BloggerCrony yang dengan motivasi tinggi  datang ke acara Bloggerhangout peluang usaha rumahan Abon Jambrong Unia. 

Gaya lesehan blogger serius nyimak sharing bisnis dari Mba Nia


Padahal cuaca sedang tidak mendukung banget. Hujan deras,  banjir di sejumlah titik. Sempat rada pesimis di jalan. Apakah para blogger bisa datang. Ahh..perasaan cemas acara nggak berhasil, langsung buru-buru saya hempaskan. Berfikir positif. Segala sesuatunya sesungguhnya Allah yang Maha Menggerakkan. Bismillah. Sebagai manusia hanya bisa ikhtiar maksimal..bisikku dalam hati, sambil melindungi tas dari air hujan yang  menetes cukup deras di samping bangku dalam bis. Aduhh ini bis, nggak layak masih beroperasi. Saya juga lupa bawa payung. Hmm...gimana mau turunnya nih. Rusuh deh.



Timeline komunitas BloggerCrony saya pantau terus. Alhamdulillah, beberapa blogger sudah sampai di sekitar lokasi rumah Abon Jambrong Unia, di Jalan Manunggal Jaya No. 40, Lebak Bulus. Salutt banget buat mentalitas para blogger yang tak gentar dengan hujan deras. Jadi menyemangati diri. 


Udah sempat koordinasi dengan blogger Mba Widya Sartika Amrin  naik taksi bareng di RS Fatmawati. Tapi apa mau dikata, bisnya nggak sempat nurunin di depan RS. Jadilah langsung ke Terminal Lebak Bulus. Dari situ, saya  sempat koordinasi di BloggerCrony, barangkali ada rekan-rekan blogger yang mau barengan, tapi sepertinya tidak ada respon, akhirnya saya memutuskan naik taksi sendiri.

Lokasi rumah Abon Jambrong Unia berdekatan dengan Kelurahan Lebak Bulus. Pernah ke sana sekali, tapi dasar, cepat lupa. Jadi celingak-celinguk nyariin rumahnya yang memang nomornya ngacak. Alhamdulillah, melihat Ayah Dian Kelana, lagi nunggu hujan di warung kopi. Langsung saja saya panggil. Hehhe Si Ayah bingung kali ya, secara saya kurang gaul di dunia perbloggeran. Berlagak sok kenal sok dekat, saya ajak naik taksi bareng. Bolak-balik, nggak nemu, nelpon juga deh ke Mba Nia, owner Abon Jambrong Unia. 




Mba Nia dan suaminya Mas Dana, lumayan rada tegang juga. Heheh, maklum ini acara pertama undang blogger. Saya juga dah kikuk dari awal pergi. Deg-degan, ada perasaan takut mengecewakan baik dari sisi Abon Jambrongnya maupun teman-teman blogger. Apalagi ada kesalahan terminologi dalam tema obrolan buat Mas Dana. Waduuhh jadi bikin pusing Mas Dana.

Alhamdulillah, satu-satu blogger berdatangan. Ada Mas Agung Han, Mas Tigor dan anaknya. Ngobrol santai dengan Mas Dana, tak terasa mengisi waktu yang bermanfaat. Sampai terkumpul sekitar 10 orang. Ada Mba Maya Siswadi, Mba Erna, Mba Azzurah Li, Mba Ini Nisa, Mba Widya, dan tentu saja Mba Aneesa Nisa sebagai pendiri BloggerCrony. Acara rada terlambat dari jam 10 dijadwalkan, menjadi jam 11:00 Wib.


Eksis dikit ah nanya2 ke Mba Nia. Foto : Widya Sartika Amrin

Konsep acara sengaja dibuat santai, akrab berasa di rumah, jadi tidak ada jarak diantara kita. Acaranya juga mengalir. Intinya silaturahmi dan sharing bisnis makanan ringan. Terutama tentang mentalitas membangun usaha. Bahwasanya tidak ada yang tidak mungkin terlaksana, selama ada usaha maksimal, doa, dan terus penuh keyakinan akan berhasil, maka jalan menjadi mudah. 

Mas Dana, pebisnis dan analis keuangan, berbagi tentang lika-liku membangun bisnis dan dalam pekerjaannya. Dia pernah jatuh berkali-kali, hingga akhirnya ia menemukan hakikat hidup yang sebenarnya, yaitu hidup penuh berkah dengan banyak berbagi manfaat. Itu sih..yang selama ini saya rasakan banget sejak dipercaya membantu sosial media Abon Jambrog Unia.  Senangnya dapat bos kayak gini. Ilmunya banyak ;).


Tak lama kami berbincang santai, ehh datanglah Mba Elisa Koraag (Mba Echa). Senang sekali didatangi blogger selebritis. Tongsisnya itu loh..ampuun deh bikin semangat narsis dan gembira hehe. Apalagi Mbak Echa juga seru, dan emang emak-emak blogger banget yang suka ingetin hal-hal yang perlu dikuasai para blogger. Secara gitu loh, pengalaman dan umur Mba Echa matang banget dibanding kita-kita yang masih muda. Wejangan Ayah Dian juga kena banget.

Ketika tongsis Mba Echa mulai bekerja. Foto : Elisa Koraag

Dari sini aku jadi mengenal Mbak Maya Siswadi, yang menguasai ilmu psikologi, Mbak Erna yang pengusaha kue talam. Mas Agung juga loh, pengusaha sosis Bulaf. Mas Tigor yang sepenuh hati aktif di gereja. Mbak Widya, seorang fotorgrafer handal dan kreatif. Sama dengan Ayah Dian, fotografer dan penulis buku, orang Minang. Mbak Azzurah Li dan Mbak Ini Nisa, aduhhh belum sempat mengenali lebih dekat. Tapi yang pasti mereka rajin banget, selalu eksis di acara blogger dan lomba-lomba. Ahh lagi-lagi blogger itu inspiratif. Kalo Aneesa Nisa, ehhehe ini mah jadi ingat waktu masih muda dulu, dia seorang pembelajar yang bagus.

Mba Widta (berkemeja hitam) berasa jad wartawan lagi saat tanya2 ke Mba Nia


Rekan-rekan blogger mendengar historis Abon Jambrong Unia dari Mbak Nia. Rupanya nih,  Abon Jambrong yang notabene merupakan makanan pelengkap terbuat dari ikan asin Jambrong, lahir dari kontemplasi seorang Okto Melanda, nama lengkap dari Mas Dana. Di tengah "jatuhnya" dia dalam berbisnis, Tuhan membisikkannya sesuatu lewat salat malamnya di bulan ramadhan yaitu berbisnis Abon Jambrong.  

Olahan Ikan Jambrong sebenarnya bukan makanan asing bagi keluarga Mas Dana. Ia kerap diberikan olahan ikan asal perairan Tanah Beji, Depok ini dari karib dekatnya yang sekarang sudah almarhum. Ada kerinduan ketika ingin menikmati ikan ini. Sampai kemudian, timbul ide kuat dari Tuhan, ia harus berbisnis ini. Tapi bukan dia yang handel, melainkan istri tercintanya Mba Nia Melandana. 



Mulai ramadhan tahun 2014, Mbak Nia mengelola bisnis ini. Mas Dana sudah berancang-ancang, kalau tiga bulan tidak ada tanda-tanda kemajuan, ya sudah, tidak diteruskan. Tapi rupanya, Tuhan merestui, jalan menuju keberlangsungan bisnis Abon Jambrong pelan-pelan mulai tersibak. Meski belum sepenuhnya untung, tetapi lubang-lubang rezeki seolah terbuka untuk menjalankan bisnis ini sampai sekarang. Banyak pembeli yang repeater, reseller jumlahnya bertambah, dan dukungan dari orang-orang terdekat untuk membangun usaha ini, terutama peningkatan kualitas produk dan kemasan. Optimis terus. 

Promosi dan pemasaran dilakukan dari segala lini : sosial media, reseller, kolega, direct selling di berbagai acara dan sebagainya. Berbagai kuis berbagi abon jambrong tiap minggu selalu digelar di fanpage Abon Jambrong Original Unia.
Alhamdulillah responnya bagus. Banyak orang yang suka dan yang memesan.

Salah satu kuis yang pernah digelar Abon Jambrong Unia

Hingga kami coba untuk menggandeng para blogger untuk membangun semangat wirausaha dari menulis. Kunci dari bisnis itu sesungguhnya bukan banyak modal, tetapi bagaimana bisa membangun silaturahmi yang sinergis. Allah sudah bilang, silaturahmi membuka pintu-pintu rezeki. Ini selalu coba kami lakukan. 

Rekan-rekan BloggerCrony melihat bagaimana proses pengemasan abon jambrong. Masih relatif sederhana memang. Namun begitu, pelayanan dan kualitas produk terus  menjadi perbaikan yang tak henti dilakukan Mbak Nia dan Mas Dana. Mereka berupaya tetap menahan harga jual di tengah gejolak kenaikan harga bahan-bahan pembuatan yang fluktuatif. Inilah bisnis, harus pandai mengatur dan menyiasati keadaan ekonomi yang tidak menentu. 





Selama acara, kami menggelar kompetisi foto keseruan acara yang diposting ke media sosial blogger di facebook. Selain itu, seusai acara, kami juga melanjutkan kontes foto dan best review. Hadiahnya, mulai dari bingkisan, paket abon jambrong selama 6 bulan sampai menjadi reseller dengan fasilitas banner dan produknya. 

Pemenang kontes foto Abon Jambrong Unia. Foto : Widya Sartika Amrin

Ketentuan kompetisi Best Review ( khusus untuk yang datang di #bloggerhangout) :




1. Tema review : Peluang Bisnis Makanan Ringan, Abon Jambrong Unia

2. Panjang tulisan minimal 500 kata

3. Wajib menampilkan dalam tulisan kata kunci yang dilink-kan ke website : www.abonjambrong.com, yaitu  untuk kata kunci : Abon Jambrong Unia, oleh-oleh Jakarta, peluang usaha reseller makanan ringan, peluang usaha rumahan dengan modal kecil.

4. Like fanpage Abon Jambrong Origina Unia, instagram : abonjambrongunia, dan twitter @abon_jambrong.

6. Postingan dishare ke media sosial : FB, Google Plus, dan twitter. Dengan hastag : #abonjambrongunia

7. Naskah yang diposting, dikirim ke : kartinaika@gmail.com,  DL : 10 April 2015, pukul : 12:00 siang. Pengumuman : 15 April 2015, pukul 14:00 di fanpage Abon Jambrong Original Unia

Desain display ini dirancang oleh Ayah Dian Kelana


Hadiah best review

Juara 1 : paket reseller (10 abon jambrong dan mini banner) + paket abon jambrong (dua varian besar) selama 6 bulan.

Juara 2 : paket abon jambrong (dua varian besar) selama 6 bln

Juara 3 : paket abon jambrong (dua varian besar) selama 3 bulan

Harapan 1, 2,  3, 4, dan 5. Pulsa @Rp 20 ribu

Selamat berkompetisi ya rekan2 blogger ! 



Kuis Buat Pemberi Komentar

Bagi sobat yang belum berkesempatan hadir di acara #bloggerhangout Abon Jambrong Unia, kami akan memberikan 5 pack Abon Jambrong mini dua varian rasa : original dan extra pedas. Caranya ? gampang banget, cuma komen di sini aja, kalau kamu dikasih Abon Jambrong Unia, kira-kira mau dicampur dengan menu makanan apa ?

Saya akan pilih 5 orang yang beruntung. Ditunggu komentarnya sampai tanggal 1 April 2015 pukul 12:00 Wib. Pengumumannya, tanggal 3 April di blog saya dan fanpage Abon Jambrong Unia . Yuks bagi yang ingin mo cicipin Abon Jambrong Unia, ditunggu komennya ya !



Baca juga tulisan ini ya, buat nambah-nambah informasi :)

Abon Jambrong Unia, Peluang Bisnis Makanan Ringan yang Prospektif



13 komentar:

  1. kemarin ragu2 mau nyusul ke sana, abis dari Marvel hehee... Lum pernah coba abon ikan jambrong model begini...biasanya makan abon sapi yg di pasaran tuh... :D

    kalo abon dari ikan, rasanya kayaknya gurih2 getu yah (karena faktor ikannya)... mbayangin cocoknya buat makan ama nasi liwet yg hangat2 plus tempe gorang kering :)

    apa syarat jadi reseleer mbak?

    BalasHapus
  2. Baru denger ada abon jambrong dari ikan asin jambrong....pasti yummi jika dimakan dg sayur asem dan sambel terasi... :) sukses ya...bisnisnya mas dana n mb nia

    BalasHapus
  3. wah makasih udah diajak ya mba.. jadi nambah info tentang bisnis makanan yang murah dan enak. yang pasti sebagai anak kost kebantu banget dengan adanya abon jambrong ini mba, selain praktis juga rasanya enak bisa jadi lauk disaat tanggal tua hehehe... semoga usaha abon jambrong ini bisa berkembang lebih besar lagi.. Amin :)

    BalasHapus
  4. Aaaa acaranya keren, aku ga bisa ikut.
    Mbayangin makan nasi uduk ato nasi kuning pake abon jambrong enak pastinya.

    BalasHapus
  5. aku sebenarnya pengin banget ikut mba, pas ada acara mendadak, duuuh mudah-mudahan even berikutnya bisa ngikut ya mbaa

    BalasHapus
  6. wah ..kmrn aku ga sempet ikutan karna ada acara.

    ini abon jambrong dimakan pake nasi putih biasa aja pasti enak. eeh...ini dimakan pake nasi merah juga pati enak deh...endeeeeesssssss (ngileeeerrrr.......)

    BalasHapus
  7. Wah saya baru tahu kalo jakarta dandepok dah punya oleh oleh ciri khas, seperti kebanyakan orang indonesia...saya sepertinya perlu mencicipi barang gratisan lewat komentar ini....semoga dapat, dan semoga setelah di coba,..rasanya seenak yang di bayangkan,..

    membayangkan makan nasi 2 piring cuma pake abon,...apalagi saya yang hobi berenang, lauk simple seperti ini bisa jadi barang yang layak di cari..#hematlauk

    BalasHapus
  8. Aku malah baru tahu sob. Padahal aku dah lama tinggal di ciputat. Kan deket kalau dengan lebak bulus.

    BalasHapus
  9. Abon bikin laper niiih... itu kompetisi reviewnya apa hanya boleh diikuti sama blogger yg ikutan acara di atas atau boleh semua blogger? Aku mau dunk mbak Tina, diajakin ikut acara blogger yg deket Depok-Bogor :D :D Baru tau ternyata Mbak Tina ini orang di belakang Blogger Crony yaak...

    Abon jambrong enaknya dibuat makan apa saja: bubur, nasi putih, nasi kuning, nasi uduk, hm... apa lagi ya? Soalnya makananku ya itu-itu aja, jadi abon jambrong ini bisa buat tambahan lauk yang enak. Bisa dimakan sebagai cemilan juga deh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih ya mba Hana atas partisipasinya berkomentar. Utk best review mohobln maaf mba, hanya utk yg datang di acara. Next kalo ada acara di seputaran Depok-Blogger, saya infokan ya mba.

      Hapus
  10. Seneng banget ya tinggal di area ibukota. Banyaaaaaaaaak acara serunya. Bisa ikut acara bagi ilmu gratis kapan saja. Di Jepara susah cari diskusi/seminar.
    Eh curcol...
    Beberapa kali lihat testimoni abon jambrong dilengkapi gambar. Kelihatan enak banget.... Kalo saya sih... Agar rasa abon lebih ngena, enak dimakan bareng nasi ketan atau nasi hangat yg biasa. Pelengkapnya sambel dan tempe goreng. Tempe goreng kan Menu sederhana dan mudah dikombinasi dgn lauk lain. Dan citarasa abon jambrongnya lebih terasa.

    BalasHapus
  11. wah, acaranya seruu ya mbak. Sayang saya berhalangan hadir :(

    Oiya, ikutan ah... Kalau dikasih abon, saya mau taburkan ke roti ditambah susu kental manis. Hmm, yummy. Anak-anak suka banget soalnya, apalagi kalau memang abonnya wenak :)

    BalasHapus
  12. Sayang banget deh saya belum bisa ikut kopdar2 kaya bgni..mba, kalau saya dikasih abon jambrong ssaya mau campur nasi aja udah cukuuuup. enak banget keliatannya..baru2 ini saya sakit gigi dan harus makan lembek2. kayanya campur bubur putih juga uennnaaak

    BalasHapus

Terima kasih atas masukan dan komentarnya.