Jual Daster Batik

Jual Daster Batik

Membangun Sinergisitas MICE antara Mahasiswa dan Industrinya

MICE- Meeting, Incentive, Conference & Exhibition-, istilah yang sampai saat ini mungkin masih terdengar asing di telinga masyarakat. Tujuh tahun tahun lalu (2008) ketika seorang teman mengajak saya kembali ke industri media, untuk bergabung di media MICE, Majalah VENUE, jujur membuat saya pusing kepala. Khususnya saat memilih angle penulisan sekaligus melihat scope posisi industri MICE diantara sektor lainnya. Hhehe...sebuah dunia yang benar-benar baru saya pahami. 



Orang pun ketika mendengar kata MICE, asosiasinya pasti ke hewan tikus. Padahal jauh sekali kaitannya. Pendeknya, MICE dipahami sebagai industri event. Direktorat MICE yang menempel pada Kementerian Pariwisata pun kabarnya baru dibentuk tahun 2007. Nyaris bersamaan dengan lahirnya Majalah VENUE. Jadilah majalah kami waktu itu sebagai corong informasi dan pengembangan MICE. Setiap mewawancarai narasumber atau ketika berada di tengah-tengah industrinya, wartawan Majalah VENUE pastinya harus extra waktu menjelaskan apa itu MICE dan keitannya dengan bidang-bidang lain untuk mendapatkan "feel" yang sama. Kalau sudah begitu, kami jadi saling belajar mengulirkan satu-satu benang merah industri MICE.

Bahwasanya, sebagai sebuah industri, MICE memiliki signifikansi sosial, budaya, dan ekonomi yang besar bagi sektor pariwisata dan industri kreatif (Di Indonesia, MICE menjadi bagian dari sektor pariwisata). Kegiatan MICE memberikan kontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi kreatif di daerah. Saking banyaknya irisan industri MICE atau industri event, MICE kerap disebut industri multifaset yang potensial menggerakkan sektor transportasi, perjalanan (tour & travel), rekreasi, akomodasi, makan dan minum, venue, teknologi informasi perdagangan dan keuangan.

Dr. Santi Palupu sedang menjelaskan tentang prospek dan peluang industri MICE 

MICE itu sebenarnya tanpa disadari telah kita lakukan sekian lama. Tahun 1955, Indonesia bahkan pernah mencatat sejarah besar sebagai penyelenggara perhelatan event MICE tingkat dunia, Konferensi Asia Afrika. Namun, efek tersebut kurang dipahami sehingga kita baru benar-benar melek MICE ketika Singapura dan Thailand melambung perekonomiannya disebabkan MICE yang beriringan dengan sektor pariwisata.  Dua negara tersebut, menyusul Malaysia telah menjadikan MICE  andalan ekonomi nasional. Dan, Indonesia lagi-lagi menjadi incaran negara tetangga yang berstrategi mengangkut sebanyak-banyaknya  wisatawan kita ke negara mereka. Roda MICE terus menggelinding cakep. 

Bagaimana tidak, menurut sumber dari literatur Kementerian Pariwisata, pasar MICE global bernilai sekitar US$ 30 miliar per tahun. Weleh...Dan, segmen pasarnya rata-rata usia produktif matang, yaitu 30 - 45 tahun,  65 persennya adalah laki-laki. Market yang sangat potensial. Lantas bagaimana dengan kesiapan Indonesia mendulang wisatawan MICE manca negara ? Apalagi kita sudah memasuki era pasar bebas ASEAN (Masyarakat Ekonomi ASEAN), tentu kompetisi semakin terbuka luas. 

Kelompok saya sedang presentasi proyek event

Soal kesiapan Indonesia, dalam lima tahun belakangan ini cukup intens untuk mengejar ketertinggalan dengan negara tetangga. Apalagi targetnya juga tidak tanggung-tanggung dilontarkan  Pak Menpar Arief Yahya yaitu 20 juta wisatawan dalam 5 tahun. Wilayah Indonesia yang luas dan berbentuk kepulauan, butuh pemetaan yang akurat, daerah atau kota mana yang potensial dikembangkan untuk MICE. Bidang Pengembangan Destinasi Wisata Konvensi, Olahraga, Rekresi Kementerian Pariwisata (bidang yang melingkupi MICE) telah menetapkan 16 destinasi MICE yaitu Medan, Palembang, Padang, Batam, Bintan, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Solo, Surabaya, Bali, Lombok, Makassar, Manado dan Balikpapan. Pemilihan ini berdasarkan  kriteria : aksesbilitas, infrastruktur, fasilitas MICE, akomodasi, dukungan pemerintah dan pemda, pelayanan dan profesionalisme,citra destinasi pariwisata, dan daya tarik wisata atau hiburan di setiap destinasi. 

Dalam perkembangannya, diakui memang selain Jakarta dan Bali, 14 destinasi MICE lainnya cenderung tidak seprogresif dua provinsi tersebut. Banyak sebab, diantaranya kurang pahamnya pemda setempat terhadap benefit dari industri MICE sehingga kurang memiliki visi kondusif terhadap pengembangan MICE, kurangnya SDM yang mumpuni, pembangunan infrastruktur yang kurang terarah, minimnya database MICE dan sebagainya. 







Untuk mendorong percepatan pengembangan MICE, Deputi Bidang Pengembangan Segmen Pasar Bisnis dan Pemerintah, Kementerian Pariwisata tahun ini menggelar workshop di berbagai destinasi MICE terpilih, diantaranya di Medan, Surabaya, Denpasar, Batam dan Jakarta. Saya diundang oleh Majalah VENUE untuk mengikuti roadshow  yang bertema Asistensi Peningkatan Promosi MICE yang diselenggarakan di Hotel Mercure Sabang (29 Oktober – 1 November 2015). Ini merupakan roadshow terakhir penutup tahun. Diikuti sekitar 100 peserta yang 70 persennya terdiri dari mahasiswa jurusan MICE atau pariwisata dari Universitas Podomoro Jakarta, Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid, Universitas Bunda Mulia, Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung dan sisanya diisi oleh kalangan industri MICE dari hotel, travel, Asperapi, Professional Conference Organizer (PCO), Professional Event Organizer (PEO), dan Dinas Pariwisata DKI Jakarta.

Workshop tersebut menghadirkan sejumlah pembicara yang tidak hanya dari Kementerian Pariwisata, praktisi MICE, Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia (Asperapi), sekaligus juga dosen-dosen dari univesitas terkait yang meng-coach selama acara berlangsung. Salah satunya Ibu Edvi Gracia, dosen Program Studi Bisnis Perhotelan dari Podomoro University, Dr. Santi Palupi juga dari Podomoro Universiti. Hadir pula konsultan MICE, Wisnu Budi Sulaeman, CEO PT Pundi Tata Prima Convex (Puntama Convex). 



Dalam worskhop selama 3 hari full ini, peserta tidak hanya dibekali dengan pengetahuan teoritis MICE, tantangan dan peluang industri MICE, tetapi juga ditantang untuk membuat proyek acara MICE dalam waktu kurang lebih 2 jam. Kami dikelompokan dengan berbagai profesi yang berbeda. Sebagai profesional, saya sekelompok dengan orang mahasiswa, manajer hotel, dan travel agent. Tema event adalah bagaimana membangun kearifan lokal. Diskusi kami lumayan dinamis. 

Meski sudah dibekali dengan sejumlah informasi tentang MICE. Ternyata untuk membuat event yang kreatif cukup sulit. Kami harus lebih melihat fenomena, tren, keunikan, momen, gaya hidup, grand design program pemerintah dan sebagainya yang dapat menjadi inspirasi terciptanya event sesuai tema. Dari berbagai masukan, kami memilih menyelenggarakan pameran kopi. Pameran yang mengangkat komoditas kopi ini sebenarnya bukanlah hal yang unik. Telah banyak pameran digelar menampilkan kopi. Hanya saja, dalam format kami, ingin menumbuhkan awareness dan kebanggaan generasi muda Indonesia terhadap komodtas kopi ini. 




Kopi Indonesia masuk dalam jajaran penting kopi dengan kualitas terbaik dan terenak di dunia, setelah Brazil, Kolumbia, Kostarika. Biji kopi Indonesia dinilai khas. Kopi Sumatera dan Jawa termasuk favorit pecinta kopi dunia. Dan, untuk kopi luwak, disebut-sebut sebagai kopi termahal di dunia. Weiss... Hanya saja, ada pemandangan yang cukup ironis yang di tengah masyarakat kita, yaitu makin masifnya lifestyle soft drink, khususnya di kalangan generasi muda. Budaya minum kopi justru banyak menempati kafe-kafe elit. Warung-warung kopi kurang begitu diminati generasi muda. Makanya, dalam event yang kami ajukan ini, kami mengangkat tema ‘fun with coffee”. Semua orang bisa fun  menikmati kopi. International Indonesia Coffee Show,  kami menamakan event tersebut. Dan, direncanakan berkonsep modifikasi antara Bussiness to Bussiness (B2B) dan Bussiness to Customer (B2C). Pembagiannya dua hari untuk pameran dan konferensi untuk kalangan pebisnis, dan dua hari berikutnya untuk umum dan keluarga Indonesia. Ide yang sudah tercetus harus dirunutkan dengan jelas, detil berikut  tujuan dan cara pencapaian keberhasilan yang bisa terukur : nama event, tema, target,  mekanisme (waktu dan tempat pelaksanaan), floorplan, rundown, strategi marketing, biaya, sponsorship, bagan organisasi pengelolanya, dan kontak penyelenggara. Semacam proposal proyek event yang siap diajukan ke sejumlah sponsor. 

Ditantang membuat event dalam tempo singkat, rupanya memicu adrenalin tersendiri. Alhasil, ide-ide kreatif bermunculan deras Ada yang membuat event backpacker dan flashpacker, beauty, event ojek online, herbal dan sebagainya. Meski kelompok kami belum menjadi yang terbaik, tetapi kami sudah merasa senang diapresiasi dan diberikan masukan membangun tentang bagaimana membuat event dan merealisasikannya. Pada hari ketiga, kami diajak tour ke JIEXPO Kemayoran dan Jakarta Convention Centre. Dua venue terkemuka dengan standar internasional. Satu letaknya di pusat kota, satu lagi agak dipinggir. Tetapi dengan kemudahan akses transportasi, keduanya berhasil eksis memajukan industri event di Jakarta dengan keunggulan dan keunikan masing-masing. 



Bahkan meski sudah berdiri ICE di BSD Tangerang, ajaibnya tidak mempengaruhi bisnis venue mereka. JIEXPO malah mengalami kenaikan jumlah event sebesar 30 persen dibanding tahun-tahun sebelumnya. JIEXPO pun menambah sejumlah fasilitas venue untuk memenuhi kebutuhan ruangan yang terus meningkat. Jalur transportasi umum, busway kini sudah merambahi kawasan JIEXO. 

Ya, kue MICE memang makin renyah. MICE tumbuh, mengikuti industrinya. Namun, MICE bisa menjadi stimulan yang menggerakkan perekonomi dikala melesu. Dunia event tak akan meredup kendati ekonomi sedang menurun. Justru, di saat itulah, brand harus tetap eksis berpromosi. Asosiasi dan lembaga harus terus melakukan branding dengan meningkatkan citra dan performa melalui kegiatan brand activation  untuk mendorong pertumbuhan. Begitu roda MICE memutarkan sektor-sektor terkait. 



Terbukti, pameran komputer Indocomtech yang diselenggarakan di JCC, pada saat kami berkunjung, luar biasa padat.Menurut salah seorang EO Indocomtech dari Amara Pameran Indonesia (API), sejak hari pertama hingga kedua ini, pengunjung membludak, sampai "macet" di gangway. Sempat khawatir pameran ini akan sepi pengunjung karena ekonomi melesu. Tetapi yang terjadi justru sebaliknya, brand-brand makin termotivasi berpameran. Sampai akhir pameran, tercatat sebanyak 100 ribu pengunjung dan perolehan transaksi sebesar Rp Rp600.765.445.800. 

Dibanding Indocomtech 2014, memang ada koreksi penurunan dari sisi jumlah pengunjung dan transaksi. Tahun 2014,  pengunjung mencapai angka 235.000 orang dengan nilai transaksi sekitar Rp640 miliar. Meski begitu, pameran Indocomtech yang diselenggarakan oleh Yayasan Apkomindo tergolong berhasil merebut perhatian ratusan ribu pengunjung dan menjadi parameter  cerahnya industri komputer dan gajet tahun-tahun mendatang. 

Prospek MICE cerah seiring dengan kemajuan industrinya. MICE juga menjadi andalan bangkitnya perekonomian Indonesia, sebagai alternatif dari sektor nonmigas. Optimisme ini harus terus dibangun, bahwasanya dengan MICE, Indonesia bisa berjaya. Standarisasi usaha bisnis MICE harus terus dilakukan, termasuk pula sertifkasi tenaga profesi MICE. Pekerjaan rumah pengembangan industri MICE masih bertumpuk. Dan, worskhop asistensi promosi pengembangan MICE ini hanya  sebagian kecil upaya untuk menyinergikan gerak langkah generasi baru MICE dengan industrinya.  *) Sumber Gambar: Dok. Pribadi 

Tulisan ini juga sudah dipublikasikan di akun Kompasiana

1 komentar:

  1. Saya suka event ini, meski saya belum pernah mengikutinya. ini salah satu cara bagus mengenalkan entreprenuer pada mahasiswa

    BalasHapus

Terima kasih atas masukan dan komentarnya.