Jual Daster Batik

Jual Daster Batik

Testimoni Klikhotel : Responsif Melayani Klien


Ini adalah kali kedua saya memilih Klikhotel menjadi partner dalam pemesanan/booking hotel. Sebelumnya saya memang belum pernah menggunakan jasa reservasi hotel online. Saya terbiasa sepenuhnya diurus oleh kantor ketika liputan ke luar kota. Begitu saya risain, saya merasakan kesulitan ketika bepergian yang membutuhkan akomodasi hotel, terutama mau liburan bersama keluarga.

Banyak situs booking hotel online ditawarkan. Teman-teman pun merekomendasikan sejumlah situs beken yang katanya lebih murah. Saya jelajahi berbagai situs tersebut. Selisihnya memang tidak banyak. Tetapi hhehe orang Indonesia selisih Rp 5000-20.000 bisa langsung pindah ke provider lain. Penawarannya juga menggiurkan. Ada sejumlah hotel yang didiskon lebih dari 50 %.  Ada juga yang sama harganya di berbagai situs booking hotel. Namun jangan terkecoh juga, harga yang tertera belum termasuk pajak. Jadi tampak luar memang lumayan hematnya. Anda harus mengkalkulasi sendiri rate hotel dan pajak yang dikenakan.

Diantara situs booking online itu ada yang menarik hatiku. Situs ini sudah sangat beken. Jumlah testimoninya banyak. Hanya saja  tidak mengakomodir untuk pembayaran via transfer bank sehingga menyulitkan bagi yang tidak memiliki kartu kredit seperti saya. Saya browshing lagi situs booking hotel yang menyediakan fasiitas pembayaran via transfer bank. Dan, pilihan itu tertuju pada klikhotel.

Dari segi jumlah hotel yang bekerja sama, memang tidak banyak dibanding dengan situs booking hotel lainnya. Testimoni tentang hotel juga sedikit. Untuk mendapatkan informasi lebih detil tentang pengalaman menginap, saya harus browshing lagi  ke sejumlah situs lainnya. Soal harga, klik hotel tidak begitu berbeda. Rasanya saya sudah mulai letih juga cari komparasi. Biarlah beda-beda dikit, yang penting pembayarannya via transfer bank.

Bookingan pertama saya pada minggu ketiga Mei 2014.  Waktu itu saya ada acara di Bandung selama seminggu. Untuk hotel selama saya bekerja sudah diurus oleh kantor klien. Tinggal untuk keluarga yang ingin berlibur, saya harus urus sendiri. Saya booking untuk dua hotel, yaitu Pop Harris Bandung (tempat saya menginap mengerjakan proyek sosial media Pameran Produksi Indonesia 2014), dan Marbella Suite Bandung. Kami menginap dua malam di dua hotel berbeda. Kebetulan untuk hotel Marbella Suite sedang ada diskon spesial, lumayan selisihnya.  Saya booking tengah malam dan langsung melakukan pembayaran via sms banking. Pagi harinya saya  mendapatkan email konfirmasi pemesanan. Ketika hari H, saya pun tinggal check in tanpa menunjukkan voucher, cuma KTP keperluan data diri dari pihak hotel. Praktis.

Beberapa hari kemudian, klikhotel meng-email saya kembali untuk testimoni. Saya langsung merespon testimoni kedua hotel tempat saya menginap. Imbalannya dari klik hotel, setiap review hotel atau testimoni, saya memperoleh 5.000 point dan mendapatkan gift voucher hingga Rp 500.000 kalau terpilih sebagai “best review”. Sekitar dua hari kemudian, saya ditelepon oleh customer service klikhotel yang memberitahukan review saya telah diterima dengan baik dan mendapatkan point 5000 juga gift voucher Rp 5000.

Momen liburan Idul Fitri, saya kembali melakukan reservasi hotel via klikhotel. Memang agak mendadak pemesananannya. Kami pesan di high season, sudah barang tentu banyak hotel yang terbooking. Apalagi Yogyakarta yang merupakan destinasi wisata favorit di Indonesia. Wuihhh hotel panen tamu.

Saya dan Meili, anak saya mencari hotel yang sesuai dengan bujet di klik hotel. Pilihan kami jatuh pada Hotel Rengganis yang terletak di jalan Ngadinegaran, Mantrijeron, Yogyakarta. Dari foto yang ditampilkan di klikhotel dan website hotel Rengganis, hotel yang berdesain interior klasik Yogya ini cukup nyaman. Ada kolam renang. Saya melihat testimoninya juga cukup bagus sebagai hotel keluarga. Harganya pas sekali di kantong, Rp 510.000 untuk dua malam (penawaran spesial). Wahhh keren sekali. Kami segera mentransfer via sms banking BCA. Selain BCA, bisa transfer via Bank Mandiri, BNI, BII, CIMB Niaga dan ATM Bersama.

Tanggal 27 Juli sore kami booking dan langsung bayar. Dalam hitungan menit, kami sudah mendapatkan email konfirmasi dari klikhotel yang menerangkan hotel tersebut ready digunakan. Saat itu email gmail saya bermasalah sehingga tidak bisa membaca pesan pemberitahuan yang sudah masuk. Kemudian, saya SMS ke klikhotel, mereka langsung menjawab perihal konfirmasi pemesanan saya.


Keesokan harinya tanggal 28 Juli pukul 09:54 (Idul Fitri), saya menerima SMS dari Ibu Gita, staf hotel Rengganis. Menurutnya via SMS, bookingan saya harus diupgrade menjadi Rp 450 ribu per malam, karena high season.  Kalau kami berminat, diminta segera melakukan pembayaran sisanya sekitar Rp 400 ribu secepatnya. Hmm..sempet agak kecewa dengan Klikhotel yang tidak memberitahu hal ini.  Tidak ada note sedikit pun dari Klikhotel tentang perbedaan kebijakan ini. Setelah diskusi dengan suami, akhirnya kami memutuskan untuk membatalkan dan mencari hotel lainnya. Ibu Gita berjanji akan mengembalikan uang kami tanpa potongan secepatnya paling dalam waktu seminggu setelah pihak klikhotel mentransfer pembayaran saya ke Rengganis.

Pada saat bersamaan, pada pukul 10:11 wib, saya SMS klik hotel untuk memberitahu permasalahan tersebut. Dari klikhotel, Pak Erick segera menanggapi. Ia berjanji akan memprosesnya alias mengkonfirmasi kembali kepada pihak Hotel Rengganis. Pada pukul 11:32, saya mendapatkan SMS dari Pak Erick, yang memberitahukan pemesanan hotel saya tidak ada masalah. Hotel siap dipakai. Ia menyebut Pak Edo dari pihak hotel Rengganis telah menyetujui bookingan saya. Lah...bagaimana ini ? Kok berbeda lagi. Saya sampaikan respon dari Ibu Gita tentang tidak adanya diskon. Pak Erick tetap berkeyakinan pihak hotel Rengganis telah menyetujui voucher saya. Untuk kepastiannya, Pak Erick akan menghubungi Ibu Gita. Saya pun SMS Ibu Gita tentang progress perbedaan ini.

Tak beberapa lama, Pak Erick menelpon untuk mengabarkan bookingan saya tidak bisa diterima kecuali saya menambah sekitar Rp 400 ribu. Ibu Gita juga menyampaikan hal yang sama. Pak Erick menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan tersebut dan berjanji akan me-refund secepatnya setelah saya memberi tahu rekening. 


Benar saja, begitu saya beri tahu rekening, saya mendapatkan pesan via email yang menegaskan refund akan dilakukan selama 2 x 24 jam, bukan seminggu seperti yang disampaikan Ibu Gita. Tentu saja saya senang mendengarnya. Lebih cepat, lebih baik. Tanpa ada pemotongan sedikit pun. DI klausul reservasi memang dijelaskan untuk pembatalan bisa dikenakan biaya Rp 50.000. Bahkan uang yang sudah ditransfer tidak bisa dikembalikan jika ada pembatalan. Namun dalam kasus saya ini, sama sekali tidak ada pemotongan. Kesalahan terjadi karena adanya kesalahpahaman dan ketidaksingkronan kebijakan antara pihak hotel dan klikhotel.


Pukul 14:08 di hari yang sama (28 Juli), saya mendapatkan email bukti refund dari klik hotel. Dan, sorenya Pak Erick memberitahu refund saya sudah dilakukan. Wahh cepat sekali prosesnya, hanya hitungan jam saja. Saya sangat mengapresiasi layanan Klikhotel.

Sebagai bentuk permohonan maaf dari manajemen Klikhotel, saya mendapatkan Gift Voucher senilai Rp 50 ribu, expire date 28 Juli 2015. Saya jadi tambah salut dengan layanan klikhotel. Terima kasih Klikhotel, sepertinya saya akan menjadi klien setiamu..

1 komentar:

  1. Bantu voting aja suara mbak Kartina nih. Iya, saya juga pernah coba klikhotel. Yang menonjol dari situs ini memang layanannya...sangat peduli konsumen, apalagi jika sampai ada masalah =) Maju terus produk Indonesia!

    BalasHapus

Terima kasih atas masukan dan komentarnya.