Jual Daster Batik

Jual Daster Batik

Akhirnya Jadi Juga Perusahaan Suamiku

Keinginan memiliki perusahaan sendiri memang sudah lama diidamkan suamiku setelah  risain dari perusahaan farmasi. Sambil belajar bisnis, suami bersama rekannya  menjalani usaha ekspedisi penyewaan truk antar kota. Dari yang  bermodal nekat alias nggak punya truk hanya modal "jual omongan" dan  "kepercayaan" sampai kini sudah berhasil memiliki 18 truk berbagai jenis, hanya dalam tempo kurang lebih 5 tahun. Alhamdulillah.

Teman suami memang orangnya sangat berani. Pendidikannya tidak tinggi, hanya SMU, tetapi keberaniannya dalam menghadapi risiko patut diacungi jempol. Dari sisi pergaulan, suami dan temannya ini juga nggak begitu gaul alias tidak punya banyak kenalan dan relasi. Tetapi sekali lagi karena optimis dan berani nekat, berani rugi dan berspekulasi tingkat tinggi, akhirnya jalan juga ekspedisinya.  Apalagi yang dipilihanya adalah bisnis ekspedisi yang notabene  rentan sekali risikonya. Barang hilang, rusak, dibawa kabur orang dan sebagainya..Memang kalau dipikir-pikir, jadi tidak berani. Kalau benar itu terjadi,hehhe mau bayar pakai apa..Ini logika aku yang tidak berani berspekulasi.

Di ekspedisi, risikonya besar, untung pun juga tidak kalah gede. Menurut cerita dari suamiku, ada beberapa rekan bisnisnya yang langsung ambruk usahanya dalam sekejab karena ditipu orang dan barangnya dibawa kabur. Bahkan suamiku sempat ada piutang di perusahaan tersebut, belum bisa kembali. Hehhe gimana mau balik, ketika ditagih memang sudah tidak memiliki uang lagi. Saking banyaknya pihak yang menagih, mereka akhirnya "menghilangkan diri", entah kemana. Ya sudah, suamiku yang memang tidak begitu antusias meminta uangnya kembali,  tidak terlalu ambil pusing.

Bisnis suamiku bersama rekannya relatif berkembang cepat di tengah banyaknya rintangan yang dihadapi. Barang hilang sampai ratusan juta dan itu pernah terjadi beberapa kali. Hilang karena dibawa kabur supir. Kalau di bisnis ekspedisi memang harus bekerja sama dengan ekspedisi lain. Nah, karena kekuranghati-hatian memilih partner kerja, jadilah "kehilangan" itu. Alhamdulillah suamiku dan temannya memang orang yang penuh tanggung jawab. Dia ganti semua barang yang hilang. Waktu itu memang barang tidak diasuransikan sesuai dengan kesepakatan klien. Jadi,hehe lumayan banget. Pokoknya, selesaikan masalah, dan berharap klien tidak sampai terputus hubungan kerja sama. Alhamdulillah, klien pun sangat mengapresiasi tanggung jawab dari suami dan temannya itu. Bisnis suami dan temannya terus berjalan. Rugi yang sempat terjadi, langsung bisa tergantikan lagi dengan order-order lain.

Sambil terus menjalani bisnis ekspedisi dengan temannya, suami juga  mempersiapkan perusahaan sendiri sejak beberapa tahun lalu.. Usahanya masih seputaran ekspedisi. Jadi tetap bisa sinergis dengan yang dia lakukan bersama temannya. Hanya kali ini usaha yang dibentuk CV itu berjenis usaha 'perdagangan umum". Bisa lebih fleksibel jika ingin dilebarkan ke bisnis lain, termasuk mungkin jasa tulisan dan desain websiteku..EHhh bisa nggak ya ?

Nama perusahaan itu adalah "Mitra Sembada Express". Kekuatannya kata suamiku ada pada "Sembada". Aku yang memang ngga begitu kaya akan kosa kata, mendengar Sembada langsung teringat dengan "Swasembada" beras ahhaha..Suami yang irit bicara, juga tidak banyak menjelaskan. Intinya, perusahaannya nanti bisa diandalkan konsumen karena kepercayaan dan tanggung jawabnya.

Karena penasaran, aku riset kata 'Sembada" itu lewat Mbah Google. Jadi secara harfiah, Sembada adalah suatu sikap dan perilaku yang berwatak ksatria yang bertanggung jawab, taat azas, menepati janji, pantang menyerah, tabu berkeluh kesah, bulad tekad, kukuh mempertahankan kebenaran, menghindari dari perbuatan tercela, mampu menangkal dan mengatasi segala masalah, tantangan dan ancaman yang datang dari luar maupun dari dalam dirinya sendiri, rela berkorban, dan mengabdi pada kesejahteraan bersama. Wahhh ternyata penuh filosofi juga ya..sesuai dengan karakter suamiku hahahh lagi-lagi suami..

Filosofi Logo

Suamiku memesan logo perusahaan ke Mba Susan . Awalnya suamiku ingin rada filosofis dengan mengangkat figur pewayangan, Jadi tulisan yang dirangkai sehingga menyerupai wayang. Warnanya hitam dan biru. Mba Susan sudah membuatnya. Awalnya suami suka. Tapi begitu ditelaah lagi, rupanya logo itu terlalu berat. Memang nyeni, tapi jadi terkesan berat untuk perusahaan yang baru. 

nyeni tapi agak berat 


Untungnya Mba Susan sabar mengikuti segala keinginan kami. Intinya kami ingin logo yang kelihatan "enteng" biar dipermudah jalan bisnisnya. Simpel, namun tetap dinamis dan energik dalam memberikan layanan dan dapat diandalkan oleh konsumen.  Dipilihlah beberapa contoh logo yang sekiranya senafas dengan pesan itu. Heheh lumayan panjang juga proses pemilihan dan pengkreasiannya.

Logo sejatinya merupakan cermin dari visi dan misi yang kita ingin angkat. Tak mudah membuat logo. Bahkan, ada sejumlah perusahaan seperti perusahaan tempatku bekerja dulu, sampai melibatkan ahli fengshui. Alhasil memang mempengaruhi kinerja dari perusahaan itu. Eitts tapi itu bagi yang mempercayai ya. Karena kalau terlalu bergantung pada fengshui jatuhnya jadi syirik. 


 Meski begitu, aku percaya setiap elemen itu pasti memiliki auranya sendiri. Di sinilah ahli fengshui biasanya dengan kepekaannya berupaya untuk mengharmoniskan elemen-element tersebut sehingga tercipta harmoni dan selaras. Apalagi usaha kita terus diiringi dengan  doa, ikhtiar dan sedekah, wahh pasti tambah kinclong deh bisnis kita..semoga aja. 




Dari berbagai revisi, akhirnya dipilih logo seperti ini. Mba Susan mengkreasikan lingkaran itu dalam bentuk panah. Ini mencerminkan, semangat perubahan dan ikhtiar yang tak kenal berhenti dan menyerah. Terus berputar. Ibarat roda kehidupan yang tak berhenti menggelinding untuk membuat hidup makin berenergi. Tanda garis dibawahnya yang mengarah ke atas,  seolah menegaskan bahwa perputaran itu harus maju. Tulisannya MSE juga dibuat energik, dinamis dan ramah. Ramah terhadap klien dan perubahan yang pasti akan terjadi.

Terima kasih Mba Susan atas bantuannya. Semoga rejeki barokah berlimpah tercurah pada kami dan dirimu juga ya..Aamiin.






14 komentar:

  1. Mudah2an sukses dan berkah ya mbak usahanya :) aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin mba arifah,,sama2 ya dengan bisnia fashionnya juga. semoga Allah lancarkan dan terus berkahi..

      Hapus
  2. Subhanallah..semoga berkah mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, terima kasih mba cici, sama2 ya semoga kita selalu mendapat keberkahan dari Allah.

      Hapus
  3. Semoga berkah mbak usahanya,, Amin.. Salut dengan suaminya yang berani keluar dari perusahaan untuk memulai usaha yang jauh berbeda, saya jadi tertarik untuk memulai usaha sejenis, saat ini saya masih bekerja di sebuah perusahaan, jika tidak keberatan untuk berbagi ilmunya mbak saya minta tips dan triknya untuk memulai usaha ini, terimakasih Mbak,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih mas rusjdi atas kunjungannya ke blog saya :). Wahh utk tips, rasanya kami masih jauh mas, banyak yg lebih oke ngasih tips. Suamiku jg sebelum mantab risain sudah melakukan berbagai usaha, hehe tp sepertinya belum ketemu jalannya. Alhamdulillah, dgn semangat ga nyerah, akhirnya Allah kasih petunjuk jg usaha yg tepat buat kami. Yang penting, optimis dulu, usaha dan doa maksimal, biarkan Allah yg menuntun kita. Yakin deh, Dia akan selalu dekat jika kita pasrah thd-Nya. Selamat berbisnis ya mas..

      Hapus
    2. terimakasih masukannya Mbak, tetap semangat untuk berbisnis.. hehe. sebenarnya ada dua truk milik mertua saya yang bisa disewakan, hanya saja sepertinya kurang berkembang, karena kesulitan mencari orang untuk membawa truk tersebut dan juga mencari pelanggan, kurang promosi atau mungkin harus pasang iklan kali ya :)

      Hapus
  4. truknya jenis apa ? suami saya biasa ngorder wingsbox. coba cal suami saya aja mas :081382649955, utk teknisnya saya kurang paham.

    BalasHapus
    Balasan
    1. truknya jenis fuso, ok terimakasih Mbak, nanti saya call suami Mbak :)

      Hapus
    2. Oya mas, coba dikontak suamiku ya..saya sudah sampaikan hal ini ke suami, katanya kl kondisi truknya masih bagus mau disewa bulanan..:)

      Hapus
    3. Oke Mbak,, makasih ya :)

      Hapus
  5. wah terimakasih sudah mempercayakan designnya pada saya mbak:) semoga bisnis suami mbak lancar juga ya. hebat sekali bisa memiliki 18 truk sekarang ..salut dengan usaha dan kerja keras suami mbak dkknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih mba susan..semoga mba susan jg makin oke dalam mendesain..krn dirimu penuh tanggung jawab dl setiap pekerjaan, pasti energi Tuhan selalu ada pada dirimu :)

      Hapus
    2. sama-sama mbak, terimakasih juga sudah memberi saya kesempatan untuk punya pengalaman desain logo hihi.. Amin mbak.

      Hapus

Terima kasih atas masukan dan komentarnya.