Jual Daster Batik

Jual Daster Batik

Arti Sebuah Kemenangan dan Kekalahan dalam Kontes

Dalam setiap perlombaan, pasti ada yang menang dan kalah. Tetapi kalah di sini jangan diartikan bahwa tulisan kamu tidak bagus. Kalah di sini, saya lebih senang mengartikan kesuksesan yang tertunda, atau kemenangan yang sedang disimpan waktunya oleh Tuhan sampai pada saatnya yang tepat. Bila Anda mengikuti kompetisi, artinya anda sudah menang. Menang dalam mengalahkan ketakutan kalah, Menang dalam mematikan kemalasan, dan Menang dalam mengontrol emosi sehingga Anda bisa benar-benar enjoy membuat tulisan tanpa dihantui perasaan menang atau kalah.


Sebenarnya kompetisi blog adalah dunia baru bagi saya. Selama lebih dari 8 tahun saya bergulat dengan dunia jurnalistik, boleh dikata saya tidak pernah melirik dunia blogger. Saya hanya senang dengan para blogger yang menulis bagus, penuh jiwa, sehingga pembaca benar-benar merasakan manfaatnya dan pencerahan dari hasil tulisannya. Karena sebagai seorang wartawan, kegiatan browshing dan riset sudah menjadi bagian yang melekat. Pengalaman blogger ke suatu tempat, makan di suatu restoran, memakai suatu produk, atau hal-hal lain yang dialami mereka, menjadi salah satu bahan informasi yang sangat berguna bagi para jurnalis dalam mengembangkan sebuah penulisan. Terutama jurnalis majalah yang notabene membutuhkan telaah tajam dalam menuliskan sebuah laporan. Maka itu, saya sangat berterima kasih pada para bloggers yang menulis dengan sepenuh hati.

Menggeluti dunia blogger atau menjadi blogger, baru saya tekuni sekitar pertengahan Mei 2013. Alasannya, proyek penulisan yang saya kerjakan usai risain sebagai wartawan tidak terlalu banyak, dan ingin lebih mengasah kemampuan saya dalam menulis. Meski saya kuliah di jurnalistik dan menulis sudah menjadi bidang pekerjaan bertahun-tahun, tetap kemampuan dan keahlian menulis harus terus diasah. Jika sehari saja tidak menulis, akan terasa berbeda ketika akan menulis lagi. Apalagi saya sudah mempromosikan diri sebagai writerpreneur, otomatis dilarang keras berhenti menulis. Orang perlu tahu siapa saya dan bagaimana kualitas dari hasil penulisan saya.

Memang diakui saya tidak tenar, karena jarang sekali, bahkan hampir tidak pernah menulis di luar majalah saya atau konsumsi kantor saya sebelumnya. Ya, sewaktu saya masih bekerja, passion saya benar-benar tumpah di pekerjaan itu. Saya mengerjakan banyak hal dan banyak berimprovisasi demi kemajuan perusahaan, sehingga kerap tidak punya waktu untuk pengembangan diri saya pribadi atau melihat sisi diri saya ke depannya ingin seperti apa. Sampai pada suatu ketika, ada sesuatu hal yang membuat saya harus risain, mulailah terkuak puzzle-puzzle yang akan saya rangkai untuk masa depan saya dan keluarga. Profesi writerpreneur pun mantab saya pilih. Dan, salah satu media yang sangat efektif menyalurkan keahlian saya adalah memang menjadi blogger. Saya bisa menuliskan banyak hal tanpa ada batasan, sambil mengerjakan proyek-proyek penulisan yang dipercayakan kepada saya.

Khusus untuk dunia kontes, sebenarnya hanya merupakan ajang eksistensi sekaligus mengundang banyak visitor ke blog saya. Katanya, salah satu blog yang sehat dan disukai Mbah Google adalah blog yang banyak pengunjungnya. Melalui ikutan kontes itulah, pelan2 saya mendulang visitor. Persoalan menang atau kalah, sepenuhnya ada di tangan juri yang tak lepas dari perhitungan Tuhan. Hanya terkadang ada kekecewaan kalau ternyata yang menang itu jauh dari kriteria penulisan yang baik. Kadang juga suka heran kenapa bisa dipilih menjadi pemenang. Sebagai seorang mantan redaktur, saya memang sangat peka terhadap kualitas sebuah tulisan. Hmmm..ya namanya kompetisi, mau tak mau, sebagai peserta kontes hanya bisa menerima keputusan yang terkadang bikin geleng-geleng kepala.

Saya hanya tetap konsisten bahwa saya menulis semata agar pembaca merasakan manfaatnya sari tulisan saya. Insya Allah hasilnya pun akan barokah, karena sesungguhnya penilaian itu hanya berpulang kepada Allah, pasti hadiah terindah akan kita peroleh dari Allah setelah kita berupaya keras.  Kalau sekiranya menang dalam suatu kontes, Alhamdulillah, artinya tulisan saya bisa sesuai dengan keinginan juri. Jika memang belum beruntung, juga Alhamdulillah, artinya saya masih diberikan kesempatan untuk terus mengasah tulisan yang baik, terutama sesuai dengan kriteria penjurian suatu kontes dengan tetap idealis untuk menulis sebaik mungkin. . Tak ada yang sia-sia jika kita berbuat untuk kebaikan. Blog benar-benar media yang efektif untuk sebuah eksistensi.

Dari sekian kontes yang saya ikuti sejak pertengahan Juni 2013, baru kali ini akhirnya saya menjadi salah satu bagian dari pemenang kontes blog yang diselenggarakan Voucherhotel. Heheheheh hadiahnya pulsa Rp 25 ribu.  Katanya ada 60-an peserta, ya Alhamdulillah bisa dianggap baik oleh juri. Tetapi bagi teman2 yang belum beruntung, jangan bersedih, dan jangan berhenti untuk ikutan kontes. Sesungguhnya Anda ikut kontes itu sudah menang, dan orang yang kalah sejatinya orang yang berhenti untuk melakukan sesuatu di tengah perjuangan.

Ini list pemenang dari kontes blog yang diselenggarakan Voucherhotel.

#1 mendapatkan hadiah camcorder Spectra Vertex DX 10 (20MP)
http://siranselhitam.wordpress.com/2013/07/20/jalan-jalan-di-bandung-2-hari-1-malam-bisa-banget/
#2 mendapatkan hadiah Powerbank 20000mah
http://susantithio.blogspot.com/2013/06/intip-wisata-murah-jalan-jalan-ke.html
#3 mendapatkan voucher belanja Carefour senilai Rp 100.000
 http://tulisansiisti.blogspot.com/2013/07/5-tempat-di-istanbul-yang-wajib.html

#4-5 masing-masing mendapatkan pulsa handphone senilai Rp 50.000
http://galauenthusiast.blogspot.com/2013/07/napak-tilas-lokasi-syuting-drama-korea.html
http://momtravelerblog.wordpress.com/2013/07/29/next-stop-lombok/

#6-10 masing-masing mendapatkan pulsa handphone senilai Rp 25.000
http://backpacktor.blogspot.com/2013/06/kabupaten-karanganyar-pilihan-wisata.html

http://seputarhotel.blogspot.com/2013/07/menguntai-eksotisme-lampung.html (blog saya)

http://chemistrahmah.com/selalu-ada-rindu-untuk-kembali-ke-makassar.html
http://mungkasmks.blogspot.com/2013/07/eksplore-6b-dari-manado.html
http://tanyaradja.blogspot.com/2013/07/petualangan-trio-macan-di-jogjakarta.html

Selain kontes blog, saya juga ikutan kontes SEO untuk menguji kemampuan SEO yang amatir hehheheh..boro-boro tahu SEO, memahami tutorial blog saja masih banyak kekurangannya. Tetapi memang dunia blog itu sangat erat dengan SEO (Search Engine Optimatization). Makanya saya coba bagaimana menulis yang juga disenangai si Mbah Google. Ini tulisan saya untuk kontes SEO :

Bintaro Jaya, Primadona Perumahan Jakarta Selatan

Ekiosku.com, Solusi Jitu Cari Uang Lewat Internet

 

Untuk kontes SEO perumahan Jakarta Selatan Bintaro Jaya, Alhamdulillah peringkatnya lumayan di google, tapi untuk yang Cari Uang Lewat Ekiosku.com, hmmmm  jauh banget...hehhhe..asyik juga ikutan kontes SEO ini, benar-benar kemampuan penulisan yang SEO friendly diuji.

Oke teman2, selamat berkontes ya..dan terus semangat !

 

 



3 komentar:

  1. Ijin baca-baca aja mbak, klo berkenan mampir ke blog bututku ya.

    BalasHapus
  2. itu yang ke-10 blog saya, ya Alhamdulilah meski pulsa 25rb,

    BalasHapus

Terima kasih atas masukan dan komentarnya.